Kartu ATM Chip

Promo kartu atm dengan chip dan non chip terbaru 2021
Gaji Minimal pendapatan 2 jt/ bulan
Rate Bunga 2% per bulan
Minimal usia 21 tahun

Kartu ATM Chip

Kartu ATM sudah pasti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua kegiatan yang dilakukan masyarakat modern tak lepas dari peranan kartu ATM. Namun, dengan semakin maraknya penggunaan kartu ATM, semakin banyak pula kasus kejahatan skimming atau peretasan rekening terdengar. Hal ini tentunya sangatlah meresahkan, terutama bagi Anda yang memanfaatkan kartu ATM untuk bertransaksi sehari-hari. Untungnya, saat ini semakin banyak bank yang mengembangkan kartu ATM chip. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang kartu ATM berchip.

Kartu ATM Chip, Apakah Itu?

Kartu chip adalah jenis kartu ATM terbaru yang diluncurkan oleh bank dengan mengusung teknologi chip. Sedangkan, chip ATM adalah lempengan berbentuk kotak kecil yang umumnya memiliki warna emas yang disematkan pada sisi kiri dari kartu ATM. Fungsi chip pada kartu ATM ini adalah untuk merekam sekaligus menyimpan data yang berhubungan dengan rekening Anda. Mulai dari saldo rekening, kode PIN, riwayat transaksi, dan lain sebagainya. Sekilas, bentuk dari chip kartu pada kartu ATM ini kurang lebih mirip atau sama dengan chip yang ada pada paket data internet atau paket pulsa seluler Anda. Penggunaan kartu ATM chip ini sendiri sudah digunakan oleh bank-bank global di seluruh dunia kartu debit Mandiri

Kelebihan Kartu ATM Chip

Bukan tanpa alasan bahwa kartu ATM chip ini digalakkan penggunaannya oleh pemerintah. Kartu ATM model chip terbukti memiliki sistem keamanan yang lebih kompleks dibandingkan jenis magnetic stripe. Sehingga, jenis kartu ini juga akan sangat sulit dibobol. Berikut adalah ulasan lebih jelas mengenai kelebihan kartu ATM jenis chip:

  • Kartu ATM Chip Menjamin Keamanan Bertransaksi

Salah satu kelemahan paling fatal dari kartu ATM jenis magnetic stripe adalah, kode yang tertulis di dalam pita hitam tersebut sangat mudah dibaca dan digandakan. Yang lebih parah, terminal dari bank host tidak akan dapat mengidentifikasi keaslian dari kartu tersebut. Sehingga, transaksi tetap bisa dilakukan oleh pelaku skimming bahkan dengan menggunakan kartu duplikasi sekalipun. 

 

Berbeda dari kartu ATM chip yang memiliki sistem keamanan yang lebih kompleks. Chip di kartu ATM ini menggunakan kode yang terenskripsi. Kode yang dihasilkan untuk masing-masing transaksi juga berbeda antara satu sama lain. Selain itu, kartu ATM ini baru akan menampilkan informasi yang dicari jika kode PIN yang dimasukkan benar. Jika tidak, maka kartu akan terblokir secara otomatis. Sehingga, dapat mengurangi resiko terjadinya penggandaan atau skimming. 

  • Menawarkan Kapasitas Penyimpanan dan Nominal Transaksi yang Lebih Besar

Kelebihan dari kartu ATM chip bukan hanya dari segi keamanannya saja. Kartu ATM pakai chip ini juga diupgrade dalam hal kapasitas penyimpanan serta besaran nominal transaksi. Dibandingkan jenis kartu dengan desain yang lama, kartu ATM yang menggunakan chip ini mendapatkan upgrade atau peningkatan. Bagi Anda yang mengganti kartu ATM dari magnetic stripe ke chip bisa mendapatkan limit tarik tunai lewat mesin anjungan menjadi Rp 15.000.000 (15 juta) per hari. Batas ini tentu lebih besar dibandingkan limit sebelumnya yang hanya sebesar 10 juta rupiah saja. Untuk batas transfer antar bank juga mengalami peningkatan dari 25 juta menjadi 50 juta rupiah sehari. Tentunya, limit tersebut berbeda-beda dari jenis satu kartu dengan kartu lainnya sesuai ketentuan dari bank.

  • Kartu ATM Chip Lebih Awet

Pada jenis kartu ATM magnetic stripe, apabila pita hitam yang terdapat pada kartu tersebut hilang, maka mesin ATM akan mengalami kesulitan dalam membaca informasi yang tersimpan di dalamnya. Mau tidak mau, tentu Anda jadi harus menggantinya dengan yang baru. Sedangkan, jenis kartu ATM chip tidak akan mengalami hal tersebut.

Cara Menukar Kartu ATM Chip

Berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) dengan Nomor 17/52/DKSP yang diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2015 yang lalu, seluruh perbankan Indonesia diharapkan untuk mengajak para nasabah mereka untuk mengganti kartu jenis magnetic stripe ke jenis kartu ATM chip. Seluruh bank di Indonesia pun mulai berlomba-lomba untuk meluncurkan desain kartu ATM terbaru yang menawarkan teknologi chip. 

Mereka juga mengajak para nasabah untuk segera mengganti kartu yang lama dengan desain kartu yang baru. Bahkan, pemerintah menetapkan bahwa penggunaan kartu ATM jenis magnetic stripe akan dihapus dari sistem perbankan Indonesia terhitung mulai tanggal 21 Desember 2022. Cara daftar dan penggantian dari kartu lama ke kartu ATM chip sangatlah mudah. Syarat yang dibutuhkan hanyalah membawa kartu ATM yang lama dan kartu identitas untuk verifikasi. Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk proses migrasi kartu, alias gratis.


Cek juga

Dapatkan promo kartu kredit Platinum BCA untuk semua transaksi semakin mudah 2021
Gaji Gaji minimal 2 juta/ bulan
Rate Bunga 0.06% per hari
Umur 21 tahun
Kemudahan transaksi hanya dengan satu kartu kredit bank HSBC 2021
Gaji Gaji mulai Rp 2 juta
Rate Bunga 3.1% per bulan
Min umur 20 tahun
Hanya hari ini, pengajuan kartu kredit permata tanpa syarat dan lansung acc 2021
Gaji Dari 2 juta/ bulan
Rate Bunga Bunga mulai dari 0.88% per bulan
Usia Min 20 tahun