BLT UMKM

Pengajuan BLT UMKM online langsung cair 2021
Gaji Dari 2 juta/ bulan
Rate Bunga Bunga mulai dari 1.59% per bulan
Umur 21 tahun

Cara Mudah Mengecek Penerima BLT UMKM 2022

Dampak dari pandemi Covid-19 tentunya dirasakan berbagai kalangan, tak terkecuali pemilik usaha UMKM. Oleh karena itu, pemerintah terus berusaha mencari jalan keluar untuk membantu pengusaha UMKM agar bisa bertahan, salah satunya dengan diluncurkannya program BLT UMKM. Program ini bukan hanya bantuan keuangan semata, tapi juga untuk mendongkrak semangat pengusaha UMKM yang sempat down gara-gara keterbatasan modal di tengah pandemi. 

Pencairan BLT UMKM terdiri dari beberapa tahap, dan sampai tahun 2022 sudah memasuki pencairan BLT UMKM tahap 3 dengan jatah modal usaha sebesar 1,2 juta untuk setiap pemilik bisnis. Namun, masih banyak orang yang kebingungan tentang syarat dan tata cara mengecek penerima bantuan UMKM. Untuk itu, kami telah menghimpun informasi seputar BLT UMKM untuk anda. 

  • Cara pengajuan BLT UMKM 

Untuk mengajukan BLT UMKM, anda harus memenuhi kriteria syarat yang telah ditetapkan, diantaranya koperasi Mekar PNM :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Bukan anggoota ASN (Aparatur Sipil Negara)
  3. Bukan anggota TNI/POLRI
  4. Bukan pegawai BUMN/BUMD
  5. Mempunyai usaha mikro, dibuktikan dengan membawa Surat Keterangan Usaha (SKU) dan Nomor Izin Berusaha (NIB)
  6. Melampirkan KTP yang masih aktif 
  7. Foto tempat usaha 
  8. Tidak sedang menerima pinjaman konsumtif dari bank atau bantuan kredit lainnya 
  9. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak dari Dinas Koperasi dan UMKM setempat  

Setelah semua syarat di atas lengkap, anda bisa mulai mengajukan untuk menerima BLT UMKM baik secara online maupun offline. Untuk offline, anda bisa langsung mengumpulkan berkas ke kantor Dinas Koperasi dan UMKM di wilayah anda. Petugas di dinas tersebut akan memproses data anda, dan bila disetujui, anda akan mendapat pesan pemberitahuan bahwa pengajuan anda diterima. Bantuan BLT UMKM akan disalurkan melalui dua bank, yaitu Bank BRI dan Bank BRI. 

  • Cara Mengecek BRI BLT UMKM

Untuk mengecek penerima BRI BLT UMKM, bisa dilakukan secara online, dengan mengunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum. Anda akan diminta memasukkan nomor NIK anda, lalu klik “Process Inquiry”. Jika anda termasuk penerima BLT UMKM, maka akan muncul nama anda.

Selanjutnya, anda perlu melengkapi form yang tersedia. Ada beberapa data yang harus dilengkapi, yaitu  KTP, alamat domisili dan bank tempat anda bisa mencairkan dana BLT UMKM. Anda juga bisa memilih jadwal pencairan yang diinginkan. Setelah semua lengkap, klik ‘Lanjut’, dan terakhir anda akan mendapat nomor referensi yang nanti harus ditunjukkan saat pencairan di bank. 

  • Cara Mengecek Penerima BLT UMKM 

Anda sudah mendaftar BLT UMKM dan ingin mengetahui kepastian penerimaannya? Jangan cemas dulu, karena penerima nantinya akan mendapat pesan (SMS) notifikasi atau pemberitahuan dari bank yang menyalurkan BLT UMKM. Jika sudah mendapatkan pesan pemberitahuan, anda bisa mendatangi kantor BRI yang terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan. Adapun dokumen yang wajib dibawa antara lain :

  1. buku tabungan 
  2. kartu ATM dan KTP atau identitas diri lainnya 
  3. surat pernyataan atau suray kuasan penerima dana banpres (jika diwakilkan) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). 
  • Cara Mengecek Penerima UMKM Lewat Online 

Untuk anda  yang sudah mendaftar bantuan BLT UMKM dan mau memastikan apakah termasuk daftar penerima atau tidak, caranya mudah sekali. Anda bisa mengeceknya dari rumah tanpa harus repot datang ke bank atau kantor lainnya. Cukup lewat smartphone anda atau laptop di rumah, dan tentunya jaringan internet yang baik. Berikut ini cara mengecek BLT UMKM Online :

  1. Pertama, untuk anda nasabah BRI, cara mudah mengecek status BLT UMKM BRI adalah dengan membuka situs https://eform.bri.co.id/bpum. Sedangkan  bagi anda yang menjadi nasabah BNI bisa membuka situs  https://banpresbpum.id/ 
  2. Masukkan 16 digit angka NIK, anda bisa cek dari KTP atau Kartu Keluarga anda. Lebih baik lagi kalau anda menghafal nomor ini, karena sangat dibutuhkan di berbagai keperluan. 
  3. Pilih tombol “Cari”, tunggu beberapa saat, dan informasi penerima BLT UMKM pun akan segera muncul. 
  4. Bila nama anda muncul, maka anda bisa segera melakukan pencarian bantuan tersebut di cabang bank BRI atau BNI terdekat. 
  • Cara Mengecek Penerima UMKM yang Tidak Memiliki Rekening BRI/BNI

Jika anda tidak punya rekening bank BRI maupun BNI, tapi mendapat SMS pemberitahuan, anda bisa langsung mendatangi bank BRI ataupun BNI terdekat. Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan bukti SMS untuk ditunjukkan kepada petugas bank, dan nantinya bank akan memproses pencairan dana BLT UMKM.

Ternyata, syarat dan cara mengecek BLT UMKM cukup mudah bukan? Selama tahun 2022, BLT UMKM tahap 3 pencairannya sudah mulai dilakukan dari bulan Juli kemarin lho. Batas akhir pencairan dana BLT UMKM adalah bulan September, sehingga anda perlu bergegas jika memang terdaftar sebagai penerima dan belum melakukan pencairan. Semoga informasi ini bermanfaat.


Cek juga

Pengajuan mudah langsung acc untuk kredit motor di pegadaian 2021
Gaji Gaji minimum Rp 3 juta / bulan
Rate Bunga Bunga mulai dari 0.88% per bulan
Usia pemohon minimal 17 tahun
Promo untuk pengajuan mastercard BCA hanya hari ini 2021
Gaji Min gaji Rp 3.5 Juta
Rate Bunga 2.4 % setiap bulan
Minimal berusia 24 tahun
Proses cepat dan tanpa syarat hanya di kartu kredit cimb niaga 2021
Gaji Penghasilan minimum 3 jt per bulan
Rate Bunga Mulai dari 0.79% per bulan
Minimal usia 21 tahun