Halo, Terima Kasih sudah berkunjung ke website Digital Cube 🙂

Saya Ubaidillah Mughni adalah co-founder DigitalCube.id. Sebuah website yang menjadi platform penghubung antara manufacture, product owner dan juga marketer.

Kamu bisa mempelajari beberapa tutorial dan guide tentang bagaimana membangun produk dengan brand sendiri sampai cara memasarkannya secara online via digital marketing tools (seperti SEO, Google Adwords, Facebook Marketing, Email Marketing).

Berhubung saya suka belajar dan cara terbaik belajar adalah dengan men-share apa yang di dapat, ini menjadi alasan saya membangun blog ini.

Tujuan Saya Membuat DigitalCube.id

Saya ingin mendokumentasikan setiap hal yang saya lewati, pelajari dan alami selama menempuh atau memilih untuk menjadi entrepreneur.

Saya akan men-share semua nya kepada Anda pembaca blog, penonton vlog atau pun subscriber saya.


Milestone EDUKASI

It’s Started from Being an Entrepreneur Wanna Be in 2012

ubaidillah mughni

Ya, saya mengenal dunia internet sejak tahun 2012, itu juga karena by accident ihihi waktu itu saya sedang tidak ada kerjaan dan pengangguran, karena sedang persiapan ulang ujian SNMPTN untuk masuk ke salah satu perguruan tinggi negeri.

Mungkin memang sudah takdirnya bermain di dunia wirausaha kali ya, 2 teman saya tetap fokus untuk mengambil ujian ulang, namun saya tidak.

Bermula ketika sedang dalam suatu acara, saya membuka handphone saya Nokia 6600. Saat itu dan search tentang “Belajar Bisnis”, ada beberapa halaman di sana salah satunya adalah AsianBrain.com. Sign up dan mendapat 5 video gratis tentang bisnis online, tanpa pikir panjang saya langsung ambil membership 1 bulan.

3 bulan berjalan, saya membuka bisnis pertama saya bersama salah seorang teman. Dalam 10 hari kami mendapat omset hampir 10 juta rupiah dengan membuka jasa penulisan artikel. Namun apa daya, karena ilmu manajemen yang kurang, bisnis pertama saya terpaksa harus dihentikan terlebih dahulu.

Mengapa? karena saya belum mengetahui seluk beluk bisnis itu apa saja, bagaimana cara mengaturnya dan lain sebagainya.

Namun sejak saat itu, mata saya terbuka, ada dunia baru yang sangat menarik untuk dipelajari, yakni dunia bisnis dan entrepreneurship


Singkat cerita, semenjak itu saya semakin tertarik untuk mempelajari seluk beluk bisnis.

mulai dari ilmu marketing online, ilmu manajemen dan ilmu-ilmu lainnya.

Karena saya berasal dari keluarga yang mengutamakan pendidikan, orang tua saya dan keluarga meminta saya untuk melanjutkan kuliah.

Melihat hal ini saya memutuskan untuk mengambil kuliah jurusan bisnis, dan di sini semuanya bermula.

2012 Akhir

Kuliah S1 di President University konsentrasi bisnis administrasi.

Di sinilah saya mulai mendapatkan framework berpikir tentang bagaimana manajemen di suatu perusahaan bekerja. bagaimana sebuah entitas bisnis terbentuk.

beberapa ilmu dasar yang harus dikuasai, seperti ilmu manajamen, marketing, human resource, finance, sisi hukum sisi pengembangan bisnis plan, sisi IT dan sebagainya semua dipelajari di sini.

2013 – 2016

Selama menjalani kuliah S1, saya mencoba untuk mengombine semua yang di dapat dan juga diujicobakan baik di perlombaan maupun di dunia nyata.

berikut ini beberapa kompetisi yang saya ikuti selama kuliah S1.

Juara 2 Lomba Bisnis Plan Tingkat Nasional di UI – Depok

lomba-bisnis-plan-espriex-7-juara-2-nasional

Juara harapan 2 Lomba Bisnis Plan Tingkat Nasional di Unair – Surabaya

10525817_10203677668054223_6287802664833496654_n

Juara Harapan 1 Lomba Bisnis Model Canvas Tingkat Internasional di Unibraw – Malang

1238752_10201390769043177_992557549_n

Juara 3 College Startup Lab Competition

12316450_10207109883177456_304990572730343275_n

Juara 3 Supply Chain Asia Robotic Competition

11143431_10206682518573608_4430701180396438913_n

Internship November – Januari 2015: StartupBisnis.com bersama Rhein Mahatma

Judul Skripsi: Search Engine Marketing on Google: The Level of Effectiveness of Adwords (Case of SMES in Indonesia) yang membahas tentang perbandingan antara pemanfaatan google adwords versus marketing convensional

Selain itu juga, saya tetap belajar di beberapa sekolah bisnis online dan internet marketing di Indonesia, karena haus akan ilmu dan juga praktek nya ^_^ beberapa di antaranya:

  1. AsianBrain.com | Anne Ahira
  2. SEOAcademy.co | Bramantya Farid Prakosa
  3. KuliahSEO.com | Deri Suherlan
  4. SB1M | Berto Saksono Jati
  5. BlogMarketingAcademy.com | David Risley
  6. DigitalMarketer.com | Ryan Deiss
  7. LinkDetox Blog
  8. Ahrefs Blog
  9. Loopline Scrapebox Expert
  10. dan masih banyak lagi yang lainnya . . .

Milestone BISNIS

Perjalanan bisnis saya cukup unik, semenjak ditutupnya jasa penulisan artikel yang saya bangun pada tahu 2011 lalu, menjadi dasar berbagai macam experimen usaha yang saya buat.

Waktu tahun 2012, saya mencoba untuk menjual produk skin care dan diambil dari OLX.co.id lalu saya jual kembali melalui website sendiri dengan traffic generation SEO.

Sampai akhirnya saya mencoba untuk mereinvest hasil yang didapatkan kembali ke bisnis.

Perlahan-lahan dan, inilah yang menjadi cikal bakal bisnis skin care dengan brand Lavees Skin Health Care.

Sampai akhirnya juga saya mengenal manufacture atau pabrik dari kosmetik, memahami cara bagaimana mengatur ingredients, membuat design produk yang baik, membuat stiker, outsourcing packaging dan berbagai macam hal lainnya.

Dari semua kristalisasi pengalaman tersebut saya mendapatkan AHA momment dengan beberapa poin penting yang harus dilakukan atau harus dimiliki pada sebuah bisnis.

Itulah mengapa saya juga membuat DigitalCube.id ini.

Saya ingin menemukan pattern atau framework yang bisa saya gunakan sendiri ataupun orang lain dalam membangun sebuah brand produk sendiri atau mungkin membuat bisnis nya sendiri.

Selain itu juga bagaimana cara-cara pemasaran yang efektif dan efisien dalam mengembangkan bisnisnya.

Untuk memahami lebih lanjut lagi, saat ini saya juga tengah menyelesaikan Studi Master Spesialisasi Pemasaran di Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI).

Saya akan mempelajari dan juga men-share kembali poin-poin penting tentang bisnis, entrepreneurship, digital marketing dan ilmu lainnya kepada Anda, pembaca setia DigitalCube.id.

Let’s Join My Movement.


Hai, apabila kamu merasa blog ini memberikan manfaat atau mungkin ada kritik dan saran topik yang ingin dibahas; jangan segan ya untuk like, comment, subscribe atau mungkin chat saya via email atau via whatsapp.

Ubaidillah Mughni

Whatsapp: 08128909020

eMail: Ubaidiella@gmail.com

Website: https://digitalcube.id/

Youtube Channel: https://www.youtube.com/c/ubaidillahmughni

Facebook Page: https://www.facebook.com/founderbisnis

Instagram: https://instagram.com/founderbisnis

Personal

Facebook Page: https://www.facebook.com/ubaidillahmughni

Instagram: https://instagram.com/ubaidillahmughni

(Visited 400 times, 1 visits today)