Ingin Memiliki Produk dengan Brand Sendiri? Berikut ini 2 Tips Memulai Bisnis dengan Private Label / Maklon Products

Hai, selamat datang di guide series tentang membuat produk dengan Brand Anda sendiri.

Perkenalkan nama saya Ubaidillah Mughni, saya seorang young digital marketer dan sudah berkecimpung di dunia internet marketing selama 5 tahun terakhir. Saat ini saya juga sebagai head of digital marketing PT. KHI, sebuah perusahaan manufacture partner yang menerima jasa maklon & private label khusus produk skin care, body care, hair care, kosmetik (lip matte, maskara, eyebrow, eyeliner) dan produk FMCG lainnya.

Terima kasih ya sudah berkunjung di website ini. Apabila Anda ingin mengetahui saya lebih lanjut, bisa klik di sini.  Nah cukup ya perkenalannya, ini bukan tentang saya tetapi ada yang lebih penting.

Apa itu? ini adalah tentang Perjalanan Anda di dunia bisnis online dan digital marketing.


Editor’s Note: Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang membangun produk sendiri untuk dijual secara online. Informasi ini saya share berdasarkan pengalaman saya 5 tahun terakhir berkutat dengan dunia maklon terutama industri kosmetika. enjoy

Ingin Memiliki Produk dengan Brand Sendiri? Berikut ini 2 Tips Memulai Bisnis dengan Private Label / Maklon Products

Kamu sudah mengusai digital marketing dengan baik? bisa mencari traffic sebuah website hingga ratusan bahkan ribuan per hari?

Atau mungkin Kamu seorang influencer yang memiliki facebook fans ratusan ribu? atau mungkin Follower Instagram dan Youtube subsriber yang sudah jutaan?

HEBAT !

Permasalahannya sekarang adalah, banyak sekali orang yang mengusai digital marketing namun bingung jualannya apa. Apakah kamu salah satunya?

Hmm, sebuah dilema yang sangat menarik. berikut ini beberapa trend masalah yang sering saya temui:

  1. Jago Jualan tapi gak punya produk. Kalo ini sih bisa diakalain dengan nyari suplier di marketplace atau mulai dari jualin produk orang lain aja.
  2. Punya produk tapi gak bisa jualannya: masalah ini biasanya jarang terjadi, tetapi kalau kamu salah satunya, cobalah untuk mulai mempelajari digital marketing salah satunya, kamu bisa memulainya dari sini: cara memulai berjualan online.
  3. Gak bisa jualan dan gak punya produk: Nahh, yang ketiga ini nih yang cukup akut, hihi. udah gak punya produk terus gak bisa jualan lagi. hmm tapi jangan khawatir, semuanya bisa di pelajarin kok.

Dari masalah-masalah tadi, pada artikel ini saya akan concern pada trend masalah yang pertama, dan mungkin juga yang ketiga, kamu jago jualan dan ingin memulai membangun produk sendiri.

mungkin selama ini, kamu udah jago banget jualan pakai Facebook ads, instagram ads, atau mungkin SEO atau mungkin Google Adwords, nah kamu mungkin ambil produk dari Tokopedia untuk dijual sebagai dropshipper, atau dari bukalapak atau mungkin juga Shopee?

permasalahannya adalah yang biasa terjadi adalah kamu kehilangan kontrol akan stok barang, kehilangan kontrol akan kualitas barang, daan yang paling parahnya lagi suplier kamu bisa menghijack langsung customer kamu lho. hiksss na’udzubillah.

Saran saya, kalau kamu sudah memilik skill memadai Plus memiliki modal yang cukup, cobalah untuk mulai membangun produk dengan brand-mu sendiri.

eitts, jangan berpikir harus bangun pabrik dulu dan yang ribet-ribet gitu kok, zaman sekarang udah sangat dimudahkannya dengan bisnis model yang sangat membantu para pemilik bisnis dan entrepreneur, dan itu pun jadi misi saya pribadi melalui digitalcube.id ini.

Misi saya adalah
“Connecting the Business Ecosystem”


MAKLON BUSINESS? APA ITU?

Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan Maklon Business. maklon bisnis menyediakan kamu bisa membuat semua hal mulai dari niche fashion, kosmetik, obat, minuman, mainan, gadget atau apa saja yang ada dan bisa dibuat dengan Merek kamu sendiri loh.

Simplenya seperti ini, misalkan kamu ingin membuat kosmetik yang mirip dengan SK II, lalu kamu ingin meniru ingredients nya, tetapi kamu pingin nih brand nya misalkan atas nama kamu ANTI WRINK, nah kamu bisa membuat rangkaian produk seperti SK II tersebut dengan brand kami ANTI WRINK. Menarik bukan?

Nah, pada artikel ini saya akan share overview things yang harus kamu consider ketika ingin memulai maklon untuk membuat brand kamu sendiri.

First Thing First: Menentukan Bisnis Model yang Tepat

Hal pertama sebelum kamu memilih perusahaan partner manufacture untuk membangun produk kamu, ada setidaknya 4 hal yang harus kamu pikirkan matang-matang:

a. Riset Market

Mulailah membaca sebuah trend pasar, arahnya sedang kemana sih, ramenya di niche apa sih, orang-orang lagi suka kemana sih.

Nah jangan ngotot jualan produk yang orang lain gak cari! ingat itu, kenapa? ya karena gak akan ada yang beli. hehe

jadi, mulailah baca pasar, lalu mulailah ekstraksi ide bisnis dari sana. untuk melakukan riset secara online kamu bisa mulai dengan tool yang disediakan oleh google, yaitu Google Keyword Planner. dengan tool tersebut kamu bisa mencari tahu seberapa sering suatu kata kunci di ketikkan orang lain di Google loh.

Dan masalah riset produk ada banyak lagi hal lainnya yang bisa kamu lakukan. so keep exploring ya.

b. Mengecek Kompetitor

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah melakukan due diligence. Apabila sudah ketawan market trend ke arah tertentu, let’s say ke arah kosmetik.

selanjutnya kamu bisa mengecek pesaing yang bermain di niche ini, search saja di google, cek facebook fanspage, cek instagram mereka. buatlah catatan dan ambil kata kunci penting, dari sana kamu bisa mempelajari produk apa yang laku, cara membuat copywriting, cara membuat unique value dari brand kamu, harga yang mereka setting sampai kekurangan atau celah brand competitor.

secara kasarnya, mulailah dengan SWOT Analysis. S for strength, W for weakness, O for Opportunity dan T for threats.

c. Membangun USP produk Sendiri

Setelah melakukan due diligence dengan cara SWOT analysis (ini salah satu cara, ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan lainnya), langkah selanjutnya adalah kamu melakukan ekstraksi dan mulai memformulasikan USP brand kamu.

USP adalah unique selling proposition. artinye adalah hal apa sih yang unik dengan membelinya produk kamu. USP ini menjawab pertanyaan di benak customer tentang kenapa saya harus membeli produk ini dari Anda?

pikirkan hal ini dengan baik, maka kesuksesan produk akan ada di tangan.

d. Membuat Bisnis Model Canvas

Riset market sudah, setting USP sudah, cek kompetitor sudah. langah selanjutny adalah mulai membangun bisnis plan.

Eits, jangan takut dulu, bisnis plan di sini gak seribet yang kamu bayangin kok, dulu kita biasnaya harus membuat bisnis plan yang berlembar-lembar nya banyak banget, dan ini bikin pusing.

nah kalau kali ini kamu hanya perlu membuat 1 lembar saja yang terdiri dari 9 kotak yang menjelaskan tentang bisnis kamu.

9 kotak tersebut adalah: customer segment, value proposition, channel, relationship strategy, revenue streams, cost structure, key partners, key people dan juga key resources.

kalau kamu ingin mempelajari tentang ini, silahkan pelajari hal ini: Cara Membuat Business Lean Kanvas


Last But Not Least: Memilih Partner Manufacture yang Tepat

Setelah melakukan 4 langkah pertama, sekarang saatnya kamu mencari partner manufacture yang tepat untuk bisnis kamu.

Sebagai contoh tadi untuk niche skin care kamu ingin mulai membangun serum anti aging dan mencari maklon serum anti aging atau mungkin jasa maklon kosmetik cream malam cream siang untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mulai dengan searching di Google dan catatlah kontak mereka dan hubungi satu persatu.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu cari informasi dari semua vendor.

a. Hal yang Perlu dipikirkan Ketika Memilih Manufacture Partner

  1. Apa bisa membuat bpom?
  2. apa perlu PT atau CV? atau cukup KTP saja?
  3. berapa MOQ nya? MOQ adalah minimum order quantity nya?
  4. bagaimana cara pemesanannya?
  5. apa saja yang bisa dibuat?
  6. berapa lama pengerjaan produknya?
  7. apa menyediakan design produknya juga?
  8. buat perjanjian atau MOU supaya manufacture partner tidak menjual produknya langsung ke end user

b. Maklon atau Titip Merk?

oiya, pertanyaan di atas adalah beberapa info mendasar yang perlu kamu cari tahu, setelah itu hal terakhir yang kamu harus pikirkan adalah apakah kamu akan memilih Maklon pada manufacture tersebut atau hanya sekedar titip merk.

Hmm bedanya apa ya antara Maklon ini dengan Titip merk?

kalau maklon, kamu minimal harus memiliki badan usaha bisa PT atau CV, nah dengan ini ketika di cek di BPOM pt atau cv kamu yang akan muncul di notifikasi BPOM. hal positifnya adalah brand kamu akan unik dan pt atau cv kamu akan ada di label kosmetiknya. namun hal ini juga memiliki kekurangan yaitu ketika akan ada sidak BPOM, kamu harus mulai siap-siap di kantor tempat PT atau CV kamu berada untuk disidak oleh BPOM

sedangankan dengan Titip Merk, kamu tidak perlu PT atau CV, tetapi merk kamu akan didaftarkan dengan nama pt atau cv tempat vendor kamu. kelebihannya cara ini adalah kamu tidak perlu khawatiri disidak bpom. namun kekurangannya adalah pt atau cv vendor akan ada dilabel produk tanpa ada nama pt atau cv kamu.

Mana yang Kamu Pilih?

semuanya balik lagi ke kamu, kalau kamu sudah yakin akan brand  kamu langsung saja daftarkand dengan metode maklon, tetapi kalau kamu masih pemula dan ingin coba-coba, daripada repot untuk mengurusi pt dan cv di awal yang memakan biaya dan waktu, mulailah dengan cara titip merek terlebih dahulu.

ketika sales meningkat, customer base terkumpul barulah mulai dengan metode maklon 🙂


What To Do Now?

Hay, sudah paham kan bagaimana cara membangun produk dengan brand sendiri 🙂 kalau kamu ingin memulai bisnis dengan brand sendiri, terutama industri kosmetik, kamu bisa menghubungi saya pribadi, via email Ubaidiella@gmail.com atau Whatsapp Chat 08128909020.

saya menyediakan jasa maklon kosmetik dan juga titip merek untuk indsustri kosmetik. semuanya sudah all in, mulai dari design merek, cetak packaging, printing, botol, sampai kemasan siap jual dan juga racikan khusus yang sesuai dengan kamu.

Apa saja sih produk yang bisa dibuat?

Beragam, mulai dari produk perawatan kulit (skin care) seperti krim siang, krim malam, facial wash, masker wajah, serum. Atau mungkin kamu mau membuat produk dekoratif seperti bedak? lip matte? lip stick?

Just contact me di sini yah:
Email: Ubaidiella@gmail.com
Whatsapp Chat: 08128909020

See You.


Hai, Kalau Anda merasakan manfaat dari membaca artikel ini, jangan lupa ya untuk comment atau say hello melalui form comment di bawah ini. Masukkan dan saran Anda tentang artikel/content video apa saja yang perlu di bahas sangat membantu saya untuk Membantu Anda.

Cheerio !

(Visited 8,428 times, 6 visits today)

9 Comments

  1. Hendi satria June 2, 2018
    • Ubaidillah Mughni June 3, 2018
  2. Indry fm June 6, 2018
    • Ubaidillah Mughni June 6, 2018
  3. Riska July 19, 2018
  4. Melia October 18, 2018
  5. Riva Marchiella November 9, 2018
  6. Yessi Komala sari December 9, 2018
  7. Yuli Shera February 15, 2019

Leave a Reply