Fondasi Dasar dan Road Map dalam Mempelajari SEO [UPDATE 2018]

Pada tutorial kali ini, kita baru hanya akan membahas fondasi dasar dan sebuah road map atau peta yang mudah, jelas, dan sistematis yang bisa menjadi acuan seorang pemula yang ingin mempelajari lebih dalam tentang SEO.

It’s the beginnning where you’ll start your journey in advancing SEO.

Tutorial ini hanya awal dan roadmap yang menjadi acuan dasar seorang yang ingin mendalami SEO dan akan terus di update secara berkala sehingga lebih mudah dimengerti dan diaplikasikan pada bisnis online.

Harapannya, di akhir nanti semoga Kita bersama bisa menjadi seorang yang Educated SEOptimizer. Seorang SEO yang bisa memahami kenapa rangking saya bisa seperti ini dan bisa seperti itu, ada apa di balik ini.

Let’s Start.

Pengenalan dan Sejarah SEO – Apa Itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu teknik marketing online yang paling kompleks dan banyak variabelnya di banding teknik marketing lain.

Tujuan utama dari SEO adalah menaikkan ranking website pada halaman pertama hasil pencarian di search engine.

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi (wikipedia).

Setidaknya, SEO itu bisa dilihat dari 2 macam sisi. Sisi pertama SEO bisa dikatakan teknik yang paling hard to understand, terlalu banyak variabelnya mulai dari riset, on page, backlinking, dan sampai maintenance website. Di sisi lain, SEO itu Really Simple dan bisa sangat mudah untuk dilakukan oleh seorang newbie.

“Sebelum mempelajari SEO, tentukan dulu mau jadi seperti apa nanti, Ingin menjadi seorang Ekspert atau hanya sekedar menghasilkan saja dari SEO (Bramantya)”.

Road Map dalam Mempelajari SEO

Mindset dalam Mempelajari SEO

Ilmu SEO saat ini masih berkembang, karena hampir setiap waktu Google mengupdate alghoritma-nya. (lihat di sini untuk perubahan algoritmanya – Google Alghorithm Change).

Jadi mempelajari SEO itu seperti mempelajari ilmu science, jangan percaya sebuah teori saja (selain teorinya sudah diuji di banyak website dengan terkontrol), jangan percaya dengan teori yang didapat dari seseorang yang baru testing pada 1 web saja. karena hampir tidak ada yang pasti di search engine (sebab banyaknya variabel yang mempengaruhi hasil pencarian).

Itulah mengapa dalam mempelajari SEO, banyak bagi para pemula yang membaca berbagai sumber di internet merasa dibingungkan. Membaca dari tutorial satu ke tutorial yang lain. Terkadang setiap penulis memiliki sudut pandang yang berbeda, ada yang bilang melakukan teknik X itu aman di tutorial lain, melakukan teknik X tidak aman.

Saran bagi SEO pemula adalah pelajari sebuah teori SEO yang sudah teruji, dan lakukan testing di banyak website. Apapun hasilnya, apabila itu work, lakukanlah hal itu lagi ketika mengoptimasi website selanjutnya.

Fondasi Dasar dan Road Map dalam Mempelajari SEO

Road Map Pemula dalam Mempelajari SEO

Road map di bawah ini adalah sebuah tahapan-tahapan pembelajaran SEO dasar yang bisa dijadikan seorang SEO pemula dalam mempelajari SEO.

1. Tentukan Business Model-nya

Business Model adalah semacam bentuk atau kerangka dasar dari bisnis kita. Sumber revenue stream kita. Apa yang kita jual. Besar kecilnya sebuah bisnis dan susah atau mudahnya sebuah bisnis bergantung dari business model yang kita jalankan.

Di Bisnis Online sendiri ada banyak sekali business model yang bisa kita pilih. Contohnya adalah membuat toko online menjual barang atau jasa, menjadi affiliate marketer (amazon, clickbank, JVZoo) atau mungkin juga menjadi seorang publisher (adsense).

Dalam memilih model bisnis online yang tepat, bagi seorang pemula disarankan untuk mengenali setiap bisnis model yang ada, kenali kelebihan dan kekurangannya, kecepatan pembayarannya, dan keberadaan komunitas yang memiliki bisnis model yang sama. Semua hal ini menjadi faktor penting dalam proses pembelajaran seorang pemula.

2. Keyword

Keyword atau kata kunci adalah faktor paling utama di dalam search engine. Pada bagian ini, ada 3 poin penting yang wajib kita pahami:

a. Keyword Research

Keyword research adalah langkah pertama bagi seorang SEO yang wajib dilakukan secara men-detail. Simpelnya, salah riset otomatis kegiatan SEO kita ke depannya akan sia-sia saja.

Hal yang perlu di ingat dalam keyword research adalah seberapa banyak jumlah pencarian kata kunci yang kita kejar, dan berpikirlah, apakah ini profitable dan bisa menghasilkan konversi kalau nanti sudah di peringkat teratas? Ingat, salah di awal akan juga salah di akhir.

b. Keyword Type

Tipe kata kunci ada beberapa macam. Dalam ilmu Search Behavior, seorang yang mengetikkan kata kunci di search engine bisa dipetakan menjadi beberapa jenis keinginan. Ada yang ingin mencari sebuah informasi (seperti kata kunci bagaimana cara memotong kue, bagaimana cara membuat ……, dll). Selain itu ada juga yang ingin membeli sesuatu (purchase intention), contohnya seperti (beli mobil bmw di cikarang, beli motor ninja second di depok, dll)

Dengan memahami keyword type ini, kita akan bisa mengetahui mana kata kunci yang bisa menghasilkan penjualan dan mana yang tidak. pengetahuan ini juga akan menginangkatkan efektifitas SEO kita.

c. Keyword Competition Spying

Setelah Mengerti tentang apa itu keyword research dan mengerti tipe-tipe dari keyword itu sendiri. Tibalah saatnya untuk mengetahui pesaing kita (SEOptimizer yang mengejar kata kunci tersebut).

Bagi seorang SEO, tidak usah takut pada sebuah kata kunci yang sulit atau yang mudah, yang perlu kita ingat adalah kemampuan kita sendiri. Just See Your Shelf. Apa kita sudah mampu dalam mengejar dan bersaing pada kata kunci tersebut? Kalau dirasa mampu, ya kejar saja. Kalau tidak mampu, carilah lagi kata kunci yang lebih mudah untuk dikejar. That’s it.

Bagi Pemula, sangat baik apabila dimulai dari kata kunci yang mudah terlebih dahulu. kalau sudah bisa capai ranking teratas, naik level lagi, naik level lagi dan lagi. SEO is just like a game 🙂

Salah satu cara untuk mengecek sebuah kata kunci itu mudah atau sulit adalah menggunakan format:

Allintitle: KEYWORD

Ketikkan di search box Google. Sebagai contoh kata kuncinya adalah Motor BMW, untuk mengecekknya kita bisa lihat di search box google:

Screenshot_1

 

Karena hasilnya adalah 190.000, berarti ini termasuk kategori kata kunci yang sulit. kita coba cari kata kunci yang lain: (contoh keyword yang baru: motor bmw cikarang second murah)

Screenshot_2

 

Karena ini cuma 28 saja, kata kunci motor bmw cikarang second murah termasuk kata kunci yang mudah.

Namun Ingat: cara ini cuma untuk mengecek pesaing secara sekilas saja. Untuk competition spying yang lebih detail dan akurat akan di bahas kemudian ya. So Just Stay tune ya.

3. On Page

On Page adalah poin kedua terpenting dalam mempelajari seo. Apa itu On Page? on page adalah segala hal yang ada di dalam sebuah website secara langsung. Mulai dari artikel website, theme website (loading website), Meta tag (title, description), gambar, struktur website, dan segala macam hal lainnya yang ada di website.

4. Off Page

Sedikit berbeda dengan On Page side dari SEO, Off page adalah segala hal yang mempengaruhi ranking sebuah web namun berada di luar website itu sendiri. Secara singkat, kita mengenalnya dengan Backlink.

Dalam mempelajari backlink, ada banyak sekali faktor yang harus kita pelajari, mulai dari mengenali seperti apa sih karakter sebuah backlink yang bagus, ada berapa macam sih tipe backlink itu, dan bagaimana cara untuk mencari dan menanam backlink yang bagus, aman dan cepat pada website kita.

Semua hal tentang Backlink akan dibahas secara mendetail di sesi Off Page side Optimization ini.

5. Domain Factor

Faktor ke 5 yang tidak kalah pentingnya dari faktor lain yang wajib di pelajari seorang pemula adalah tentang Domain factor. Pada bagian ini, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah nama website domain kita, pengertian apa itu exact match domain, partial match domain dan juga nama domain untuk branding akan diperkenalkan di sini.

Apa pengaruh umur sebuah website dalam ranking, apa sih pengaruh pemilihan TLD (top level domain) seperti .Com .Net .Org mana yang lebih superior semua harus dipelajari pada bagian ini.

6. Site Architecture

Pada Aspek kali ini, kita akan banyak membahas tentang struktur website yang baik itu seperti apa.

7. Crawling – Indexing – Cache

Banyak pemula yang bertanya, kenapa ya kok saya sudah menanam backlink di berbagai tempat dan kata kuncinya tidak terlalu sulit tetapi rangking saya gak naik-naik? apa cara backlinknya salah?

Untuk menjawab hal itu, pemahaman akan ketiga hal ini menjadi sangat penting.

– Crawling adalah proses pertama ketika bot google akan mencari informasi dari website kita

– Indexing adalah storing data dari web kita untuk di simpan di dalam database google.

– Cache adalah update-an database google terhadap website kita.

Pengertian mendetail pada ketiga hal ini akan membuat kita mengerti, kenapa dan bagaimana cara kerja sebuah search engine dan juga menjawab pertanyaan kenapa bisa seperti itu.

8. Penyelamatan dari Google

Pada bagian ini, kita akan membahas dalam tentang apa yang harus kita lakukan ketika website yang kita sedang rangkingkan mengalami masalah. Baik web yang mengalami deindex, web yang mengalami sandbox atau web yang mengalami masalah lainnya akan di pelajari di sini.

Tutorial ini akan di update secara berkala selama berbulan-bulan ke depan dengan mengikuti algoritma search engine yang terbaru. So Keep Stay Tune ya 🙂

(Visited 175 times, 1 visits today)

14 Comments

  1. gilong April 12, 2014
    • MedsaInteractive April 12, 2014
  2. sutopo April 12, 2014
    • MedsaInteractive April 12, 2014
  3. teknopedia April 12, 2014
    • MedsaInteractive April 12, 2014
  4. batara May 22, 2014
  5. huda May 1, 2015
    • Ubaidillah Mughni May 13, 2015
  6. Sutopo Sasuke July 24, 2016
    • BlogMarketer.id August 6, 2016
  7. Ari Kuncoro Mukti November 1, 2016
  8. syamsudin July 21, 2018
    • Ubaidillah Mughni July 21, 2018

Leave a Reply