10 Cara Meningkatkan Omzet Toko Online by Rhein Mahatma [StartupBisnis.com]

Digital Marketing Week Day 1 Sharing – Meningkatkan Omzet Toko Online / UKM by Rhein Mahatma [Founder Buattokoonline.id, Inisiator DigitalMarketingWeek.id]

Screenshot_1

Editor’s Note: Training ini hanya untuk Anda yang telah menggunakan DOKU Myshorcart sebagai channel pembayaran onlinenya, harus website domain sendiri, tidak bisa subdomain WordPress/Blogspot. Apabila belum menggunakan Doku, Anda bisa menghubungi Rizki Siwu (Rizki.siwu@salesdoku.com / 0812 86 111 880 ) atau Mahdalena (mahdalenamoniaga@salesdoku.com / 0878 83 255 197 ) untuk membantu pemasangan Doku. Apabila Anda pemilik website online shop dengan domain sendiri, Anda bisa melakukan pemasangan DOKU sendiri dengan mempelajari link ini, sedangkan apabila Anda olshop instagram bisa membaca petunjuk ini untuk mengintegrasikan pembayaran Anda dengan DOKU. informasi lebih lanjut kunjungi BuatTokoOnline.id

 

Digital Marketing Week adalah sesi pembelajaran bisnis online via online yang diinisiasikan oleh Rhein Mahatma dan team. Pada event DigitalMarketingWeek, akan ada rangkaian sesi yang dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai selesai. Pada sesi pertama ini Rhein sharing tentang bagaimana meningkatkan omset toko online dengan memanfaatkan digital marketing. Sesi yang dibagikan oleh Rhein kali ini sangat cocok untuk UKM. Dan sesi yang lebih cocok untuk agency akan dibawakan esok hari pada sesi kedua.

Event ini adalah digital markeing event yang diadakan oleh Rhein, dan ia mengadakannya bersama dengan beberapa partner seperi IDNTime, DreamBox, DewaWeb dan Doku.

INTRODUCTION

Sharing kali ini adalah tentang mengelola rumah dari bisnis anda, rumah yang dimaksud di sini adalah Website, dimana anda harus komitmen ga cuman 2-3 bulan untuk dijalanin, tetapi harus sampao 2-4 tahun ke depan. Website ini sudah seperti rumah sih ya, karena membuatnya juga lama. Kali ini saya akan membahas tentang develop a site as asset bukan make money online cepet.

Fokus utamanya adalah bagaimana kita bisa mendevelop sebuah website yang memiliki value yang baik, kalau mau jangka panjang kan anda tidak boleh harus Cuma buat website terus tidak diapa apakan, tapi juga harus ada cita-cita untuk dapat consant free traffic dari google dan tidak ketergantungan pada paid ads.

Setelah belajar materi ini saya yakin anda ingin ubah sana sini website anda, tetapi kalau untuk itu anda harus ambil komitmen yang kuat. Cobalah untuk hire expert seperti programmer untuk membantu bisnis anda atau mungkin outsource ke pihak ketiga.

Kadang kala, ukm yang saya bantu mereka pusing ini yang saya harus ubah banyak banget, Opsi lainnya, website anda biarkan saja, kontennya pun biarkan saja.

“Simple Digital Marketing Bisa Memberikan Real Impact”

Screenshot_2

Dalam 3 bulan mengubah settingan permalink saja ada 8x kenaikan traffic dari 1700 menjadi 8000, dan website dapurmasak.com di akuisisi dengan nilai ke perusahaan di jepang dengan angka mencapai 10 Miliar. Ini hal sangat simple yang bisa mengubah banyak hidup orang.

Bukan kali ini saja saya membantu UKM, dan yang saya lihat, dari hal-hal sederhana seperti ini saja bisa mengubah hidup banyak orang. Kenapa sih saya harus juaL? Makanya saya ubah dari workshop dan ubah menjadi free workshop. Dan saya mendapat dari DOKU sebagai sponsorship utama.

#1 Too Many Subjects tentang Belajar Cara Menaikkan Omset

Pada dasarnya, untuk menaikkan omset itu ada banyak sekali caranya yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM, berikut beberapa di antaranya:

  1. Seo on page dan off page (buat backlink)
  2. URL Strucure seting
  3. Google Search Console (red: dulunya google web master)
  4. Google analyics
  5. Email marketing
  6. Copywriting
  7. Fb ads
  8. Adwords

Lalu kalau banyak banget gini maerinya, kapan ekseskusi jualannya?

Coba bayangkan, workshop facebook ads saja ada yang 5 juta dan untuk dua hari belajarnya. Dalam dua hari paham tentang fb ads, tetapi tentang pembuatan website yang benar tidak paham, ilmu copywriing juga tidak paham. Sangat melalahkan.

Event pertama yang saya lakukan secara online ini, sebelumnya saya lakukan event offline, tetapi supaya lebih efisien akhirnya saya melakukannya secara online lewat webinar.

Pentingnya Paymen Gateway untuk Toko Online

Fakta: 50% dari calon pembeli tidak jadi beli karena tidak ada metode pembayaran yang cocok.

#2. Simple Domain Name

Masalah Umum Kedua yang Saya Temukan Ketika Membantu UKM adalah nama domain yang ribet. Contohnya adalah seperti ini:

Screenshot_3

#3 Above The Fold Optimization

nah yang berikutnya yang ingin saya sharing adalah tentang cara meningkatkan omset dengan cara above the fold optimization.

Apa sih itu? Above the fold optimization adalah halaman pertama tempat dimana calon pembeli kita pertama kali mengunjungi website kita. Tanpa harus terscroll, dan ini adalah nama terkua dari domain Anda.

Coba lihat gambar di bawah ini: Source: startupbisnis.com versi sebelumnya

Screenshot_4

Apa yang salah dari gambar ini? Yang salah adalah bagian ini: terlalu banyak tulisan di atas dengan menempatkan anchor text kategori “leadership” di posisi premium above the fold, berari saya berharap URL kategori “Leadership” terangking dengan baik di Google.

Padahal Kewyrod ini adalah keyword Inernasional.  Di sini artinya ya bisa dibilang effort untuk ngerangkingin keyword ini susah banget. Dan kurang kerjaan. Dan banyak pemilik toko online tidak mengerti hal ini. Dan ini saya ubah:

Screenshot_5

Artikel lebih lengkap: http://startupbisnis.com/belajar-seo-bagaimana-meningkatkan-ranking-anda-di-google-dengan-bantuan-visitor-website-anda

 #4 Pahami Google Keyword Planner

Ini adalah hal selanjutnya yang saya sangat sarankan untuk pelajari dengan baik, ya bisa dibilang sangat basic untuk pemilik toko online. Tool ini digunakan untuk mencari tau apa yang diketikkan oleh calon customer kita dan juga berapa jumlah orang yang mengeikkan kata kunci tersebut.

 

Screenshot_6

Screenshot_7

Low: advertiser tidak menmeukan ROI (browsing intention keyword) dan orang mungkin Cuma mau cari informasi saja

High: advertiser mendapatkan ROI (Buying Intention Keyword). Anda sebagai toko online fokuslah ke hal ini tersebut dulu, kalau sudah baru anda kejar keyword information based.

Setelah mendownload Keyword dan di pilah pilih di Excel, dimana sih keyword2 tersebut ketemukan. Biasanya ada di HOME, category product, product detail, product naming, piliah nama file gambar, title, meta description, URL, anchor text dan internal link, penamaan kategori blogpost.

Yang digunakan termasuk sinonimnya dan keyword ecosystem (yang terkait)

#5 Website Harus Memiliki Banyak Konten (=Halaman yang terindeks di Google)

“Ngerti keyword yang bener dan konten creation”

Konten = jumlah produk detail, category product, blogpost

Banyak yang punya toko online tetapi tidak tahu yang akan perlu dilakukan sepenuhnya? Sehingga toko onlinenya diabaikan.padahal yang perlu dilakukan adalah memperbanyak konten, bahkan kalo perlu memberi target per hari.

Untuk toko online, memperbanyak produk berarti harus dropshipping tidak menyetok (kecuali punya modal besar). Bangun juga tim writer part time mahasiswa jika anda ingin hemat budget atay googling jasa penulis konten, kontennya memang sangat besar, tapi sangat rewarding. Kalau keywordnya bener, ini mampu memperbesar omset sampai 10x lipat.

StartupBisnis.com

  • Blog Kecil-kecilan dengan traffic per hari 3000 walaupun tidak pegang internet 2 bulan
  • Per hari minimnal email opt in
  • Rajin menulis sejak 2012 sekitar 1 post per day, paling banyak 1 staff.

Cara melihanya masukkan site: namawebsite.com

  • Site:namasie.com bisa mengecek persaingan
  • Jumlah konten bisa memperkecil customer acquisiion cost dalam jangka panjang (karena leads gratis datang sendiri)

#6 Dengan Memiliki Banyak Konten maka Longtail di Website Anda akan terbentuk

Long tail Goal

  • Goal anda, di alexa.com klontribusi setiap keyword harus kecil (seberapa kecil sih? Tergantung dari setiap niche)

Screenshot_8

  • Short tail: baju muslim, baju korea (sudah dihajar ecommerce besar)
  • Long tail: jual baju muslim murah, beli baju muslim, model baju muslim terbaru
  • Buying intention keyword: jual baju muslim, beli baju muslim
  • Non buying intention keyword: model baju muslim, baju muslim dian pelangi

Focus Step untuk UKM

“Buying Intention Keyword > Browsing Intention Keyword (cara, Cek harga, bagaimna, tips)”

Screenshot_9

#7 Menaikkan Facebook Likes

  • Menaikkan fb likes jika sudah punya flow of content yang baik (jalani cara #3 dulu yaitu banyakan kontennya dulu terlebih dahulu)
  • Lebih impactful jika market yang ditarget perlu edukasi
  • Jumlah FB likes bisa berbanding lurus dengan kekuatan SEO website anda (karena memberikan banyak click & action di website)

Screenshot_10

#8 Pahami SEO Onpage

Search Engine Optimization

  • SEO itu adalah ROI Tersbesar di Bisnis Online
  • Jualan toko online tanpa paham SEO dasar (tidak harus ahli), walaupun dapat omset besar di FB/Instagram = buang waktu
  • Karena lebih baik anda juga punya target mengoptimasi search engine dari awal mendirikan toko online
  • SEO sifanya “compounding” alias bunga berbunga. SEO sama dengan susrain raffic, SEO sama dengan good valuation
  • GOOD SEO adalah website yang memiliki age (umur domain), size (jumlah konten), popularitiy (traffic)
  • “saya sudah punya omse bagus di fb/instagram, tidak perlu website dan seo” > tidak punya website sama dengan tidak punya “rumah”.  Penetrasi internet indonesia saat ini baru 30% lho, jangan terlalu cepat menarik kesimpulan.
  • Penambahan text & ecosystem keyword di page home dan category (bukan footer, karena kalau footer side nanti akan duplicate)
  • Product detail sering diabaiakan jika categorynya sudah sangat banyak
  • Home dan category page sering diranking di Google karena paling memnuhi keinginan searcher

#9 Perbedaan menjual di Search Engine dan Social Media

Screenshot_11

#10 Copywriting Facebook Ads

Contoh Copywriting Kurang OK

Di bawah ini contoh dari mahasiswa saya di UMN yang saya training. Beberapa contohnya.

Screenshot_12

Kalau di bawah ini contoh dari copywriting yang kurang ada value added nya.

Screenshot_13

Beberapa poin yang bisa kamu gunakan untuk membuat copywriting yang OKE:

  1. Penjelasan barang
  2. Masalah yang dihadapi jika tidak beli
  3. Benefit barang minimal 3 poin (banyak yang salah menekankan fitur)
  4. Spesifikasi barang
  5. Harga
  6. Value lain (grais ongkir jabodetabek)
  7. Kontak

Copywriting Standar:

Mau (sebutkan benefit)?

Mau Naik Omzet? Ikuti Workshop Membantun Website Bertraffic 1000 Per Hari

Salah Satu Pattern NLP Copywriting:

Jika ____ Maka _____

Jika saja Anda sudah mengikuti workshop ini ahun lalu, Maka Anda pasti sudah menghemat banyak sekali wakatu, tenaga dan budget dalam membangun website dengan traffic minimal 1000 per hari dan Bisa Meluangkan Waktu Lebih Banyak dengan Keluarga Tercinta.

ingin mengikuti event digital marketing week selanjutnya? Join doku sekarang. Training ini hanya untuk Anda yang telah menggunakan DOKU Myshorcart sebagai channel pembayaran onlinenya, harus website domain sendiri, tidak bisa subdomain WordPress/Blogspot. Apabila belum menggunakan Doku, Anda bisa menghubungi Rizki Siwu (Rizki.siwu@salesdoku.com / 0812 86 111 880 ) atau Mahdalena (mahdalenamoniaga@salesdoku.com / 0878 83 255 197 ) untuk membantu pemasangan Doku. Apabila Anda pemilik website online shop dengan domain sendiri, Anda bisa melakukan pemasangan DOKU sendiri dengan mempelajari link ini, sedangkan apabila Anda olshop instagram bisa membaca petunjuk ini untuk mengintegrasikan pembayaran Anda dengan DOKU. informasi lebih lanjut kunjungi BuatTokoOnline.id

(Visited 306 times, 1 visits today)

One Response

  1. Muhammad Askha Refsanjani July 17, 2019

Leave a Reply