Belajar Bisnis Online, Toko Online, Ecommerce & Jualan Online di Indonesia

editor’s note: Konten ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis selama 5 tahun terakhir. Memulai bisnis online, mengambil kuliah di sekolah bisnis, mengikuti lomba skala nasional dan internasional, berkumpul bersama komunitas pengusaha dan melakukan riset secara mendetail.

Hai, Terima kasih sudah berkunjung. Pada artikel kali ini, saya Ubaidillah Mughni akan share kepada Anda sebuah langkah-langkah yang tepat dan bisa anda terapakan untuk memulai bisnis Online.

Ini adalah guide book yang saya sarikan berdasarkan pengalaman 5 tahun terakhir berkecimpung di bisnis online. Saya akan share secara mendetail tentang apapun yang saya tau kepada Anda di artikel kali ini, beberapa topic yang akan saya bahas adalah:

  • Ingin Menjadi Pengusaha: Dari Mana Saya Harus Memulai
  • Tantangan yang Akan Anda hadapi ketika sudah menentukan diri ingin menjadi pengusaha
  • Introduction to Digital Marketing dan Sales Funnel
  • Cara Menentukan Bisnis Online yang Tepat
  • Cara product sourcing (mencari suplier produk)
  • Hasil Riset saya menganalisa ukm pemain herbal di Indonesia selama 1 tahun
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada Akhirnya, saya berharap, Guide Post ini akan menjadi framework dasar anda ketika menjadi seorang pengusaha online dan digital marketer.

Let’s Start the Journey


4 Langkah Menjadi Pengusaha: Mulai Bangun Kerajaan Bisnis Online mu

Ingin menjadi pengusaha? duh ribet banget. Serius, kalau gak mau ribet dan berpikir kalau jadi pengusaha itu cuma akan uncang-uncang kaki dapet duit, coba pikir 1000x deh. there’s no such that thing in the beginning, believe me.

Mungkin banyak anak muda sekarang berpikir kalau jadi pengusaha itu enak, bisa terserah aja kapan mau bangun tidur, kapan setting waktu untuk masuk kerja atau gak kerja, bisa seenaknya aja menunda pekerjaan dan delegasiin tugas. Hmmm, apa iya?

Pada kenyatannya, jadi pengusaha itu harus berpikir lebih keras dan juga lebih cerdas tentunya. Bayangin waktu istirahat aja terkadang mikirin gimana caranya ini barang bisa laku, gimana caranya cari suplier produk, bagaimana caranya memperluas jaringan distributor, agen, reseller, memikirkan bagaimana caranya pencatatan stok aman, memikirkan bagaimana caranya mengatur arus kas uang masuk dan pencatatan keuangan, terus mungkin memikirkan bagaimana caranya lapor pajak. Hmmm.

Ini bukan menakut-nakuti lho ya, but these are the facts. Sumpah pusing banget. Terus . . .

Yakin, masih mau jadi pengusaha?

Tetapi, kalau tekad kamu sudah bulat. dan siap untuk menerima semua konsekuensinya. Saya ucapkan selamat !

Faktanya, Laporan dari Oxfam menyebutkan bahwa 1% orang kaya akan kuasai 50% Dunia (Link) dan di Indonesia sendiri Kekayaan 4 Orang Terkaya Setara Kekayaan 100 Juta Penduduk Termiskin (Link). Dan semua itu diraih oleh seorang pengusaha.

Sekali lagi, saya ucapkan Selamat !


Pada Artikel kali ini, saya akan Share pengalaman saya selama 5 tahun terakhir mencoba menempuh jalan untuk menjadi pengusaha dan saya sudah buatkan videonya khusus untuk Anda! Durasi nya lumayan lama sekitar 1 jam, tapi saya bisa memastikan hal tersebut akan menyingkat waktu Anda selama 5 tahun.

Hmm, 5 tahun disingkat menjadi 1 jam? yang benar saja?

Yesss, and i give it free. Special For You karena sudah berani ambil keputusan untuk menjadi pengusaha.

Saya memiliki visi untuk menciptakan sebuah ekosistem yang baik untuk para pengusaha pemula atau pemain UKM bertumbuh. Beberapa hal yang sudah saya siapkan sejauh ini untuk membantu ukm menghilangkan masalah product sourcing, bisnis dan digital marketing skill, branding, sampai tools support untuk memudahkan proses bisnis.

Dalam waktu 5 tahun atau lebih cepat, saya memiliki misi untuk membantu 1000 pengusaha ukm bertumbuh dengan digital expansion.

Di video kali ini, saya akan share beberapa hal penting:

  • Pengalaman saya selama 5 tahun berkutat di bisnis dan digital marketing
  • Riset saya selama 1 tahun menganalisa UKM herbal yang memiliki penghasilan 3x lebih banyak dan mampu export ke jerman dalam waktu 7 bulan
  • Case study pengusaha ukm yang berubah hidupnya menggunakan teknik sederhana menggunakan SEO untuk toko Online
  • Ilmu atau Hal mendasar yang harus disiapkan di awal dan selama perjalanan menjadi seorang pengusaha
  • Barrier / tantangan yang akan dihadapi ketika menjadi pengusaha
  • Tips Sukses Memulai Perjalanan Menjadi pengusaha
  • Tips memenangkan Persaingan di Perlombaan atau bisnis


Setelah kamu menyiapkan dasar-dasar seperti yang dijelaskan di video sebelumnya, sekarang saatnya kamu menentukan model bisnis online yang tepat sebelum kamu optimasi habis-habisan dan promote menggunakan channe digital marketing.

Menentukan Model Bisnis Online yang Tepat

Kisah sukses pebisnis internet di Indonesia pun tiap hari makin banyak, yang sukses di adsense atau sebagai publisher, ada. Yang sukses menggarap toko online local, ada. Yang sukses main clickbank, ada. Yang sukses main amazon, ada. Dan listnya terus bertambah setiap harinya.

Nah untuk kamu newbie yang baru saja ingin terjun dan mengisi list pebisnis online yang sukses, ada beberapa langkah awal memulai usaha yang mungkin kamu bisa siapkan terlebih dahulu.

1. Tentukan Revenue Stream dan Traffic Generation

Apa sih revenue stream? Simplenya ini adalah sumber pendapatan utama kita. Sumber pendapatan ini sangat penting karena pundi-pundi dolar atau rupiah akan dihasilkan dari sini.

Apakah kita ingin fokus meraih dolar dari google adsense atau toko online local atau dropshipper atau sumber pendapatan lainnya harus kita tentukan terlebih dahulu sebelum membuat website dan dioptimasi.

Berikut beberapa model revenue stream yang bisa kita pilih:

a. PPS : amazon, clickbank
b. PPC : adsense, chitika
c. Toko Online lokal : bisa menjual barang sendiri atau dropship

Setelah menentukan model bisnis yang oke, saatnya sekarang kita menentukan traffic generation. Apa itu traffic generation? Singkatnya, traffic generation adalah sebuah cara untuk mendapatkan traffic/pengunjung ke website kita.

Ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mencari pengunjung, diantaranya adalah:
a. SEO
b. eMail Marketing
c. PPC
d. Social Media

Setelah kita menentukan revenue stream dan traffic generation yang pas. Sekarang lah saatnya kita mengawinkan revenue stream dan traffic generation tersebut. Tetapi, dalam memilih revenue stream yang tepat, ada beberapa criteria dasar yang bisa dijadikan sebagai acuan.

Model bisnis Online - Gempur Page One

2. Kriteria Dasar Bisnis Model yang Dipilih

a. Marketnya ada gak? Terus apa long term atau short term?

Kriteria pertama yang menentukan sebuah ide itu bagus atau tidak adalah marketnya. Apakah ada pasarnya di online?

Sekarang pertanyaannya, bagaimana sih cara mengecek suatu ide itu ada pasarnya di online. Hal paling mudah adalah menggunakan Google Keyword Planner.

kriteria pasar yang baik itu memiliki jumlah searches lebih dari 1000. Namun, sebenarnya ini bukan patokan yang pasti tetapi bisa dijadikan sebagai patokan dasar untuk menentukan ide kamu memiliki pasar yang besar atau tidak.

Dalam menentukan suatu pasar itu long term atau short term, kamu bisa menggunakan Google Trends atau dengan menggunakan logika. Sebagai contoh, saat ini adalah bulan ramadhan, contoh pasar yang hanya hype (membludak) pada saat bulan ramadhan adalah menjual makanan pada saat sahur. Di luar bulan ramadhan, jam-jam sahur (3 pagi-shubuh), orang yang mencari makan di luar mungkin tidak sebanyak pada saat bulan ramadhan.

b. Profit margin (besar keuntungan)

Profit margin (besar keuntungan) tiap 1 sales juga bisa dijadikan sebagai filter yang kedua. Mengapa? Karena ini yang sangat menentukan seberapa besar keuntungan kita dalam jumlah sales tertentu.

Coba lihat table berikut ini:

Pemain Toko Online Mohammad Aulady
Profit Margin Rp 100.000/sales Rp 20.000/sales
Jumlah visitor/bulan 10.000/bulan 10.000/bulan
Sales (Konversi 1%) 100 sales/bulan 100 sales/bulan
Keuntungan bersih perbulan Rp100.000 x 100= Rp 10.000.000/bulan Rp20.000 x 100= Rp 2.000.000/bulan

Dari contoh di atas, dengan jumalh visitor ke website sama dan sales konversi yang sama namun

dengan profit margin yang berbeda antara Rp.100.000 per sales dengan Rp 20.000/sales sudah membuat keuntungan bersih perbulan yang sangat berbeda bumi dan langit.

Jadi, tentukan profit margin yang tinggi supaya dalam 1 sales kita bisa menikmati hasilnya dengan baik. Untuk newbie yang bermain toko online, disarankan profit margin untuk 1 sales sebesar Rp50.000 kalau bisa Rp1.000.000.

c. Komunitas tempat belajar

Komunitas atau group online juga sangat menentukan keberhasilan seorang newbie dalam berbisnis online. Apabila ingin bermain di google adsense sebagai publisher, cobalah bergabung di dalam komunitas atau group yang fokus membahas cara bermain google adsense. Komunitas tempat belajar ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Mengapat penting? Karena hal ini bisa memudahkan kita dalam belajar ketika kita stag dan hilang arah dalam menjalankan bisnis online.

Selain itu, kamu juga bisa membuat sebuah team kecil yang ditujukan untuk saling sharing dan berbagi tentang teknik baru atau metode yang telah kamu gunakan dalam melakukan bisnis online.

d. Kapasitas Supplier (untuk yang bermain toko online)

Masalah paling utama seorang internet marketer yang umumnya terjadi adalah supplier kuat. Pernah saya membuat sebuah toko online celana chino ketika dahulu belajar seo. Setelah semua siap baik website dan traffic generation serta team customer service dan sales mulai berdatangan, memiliki kendala di supplier.

Barang yang dipesan tidak sesuai, lama pesanan lebih dari seminggu dan berbagai macam masalah lainnya.

Ingat, supplier yang kuat dan mantap sangat menentukan kelangsungan bisnis online mu, jadi pilihlah supplier yang handal di awal. Besar kecilnya profit kamu dalam sebulan juga tergantung dari supplier.

 3. Buat Bisnis Plan Singkat Sebagai Gambaran Besarnya

Setelah semua dilewati, sekarang saatnya kamu membuat sebuah bisnis plan singkat. Fungsi dari bisnis plan ini adalah sebagai gambaran dari bisnis online yang kamu jalankan.

Salah satu model bisnis plan yang disarankan adalah Business Model Generation. Di sini, kamu hanya perlu sebuah lembar kertas besar atau papan tulis untuk menyimpan atau memetakan bisnis kamu.

Bisnis plan di sini tidak harus mendetail sampai perencanaan keungan selama 1 tahun, 2 tahun atau 10 tahun mendatang. Tapi cukup tahu berapa potensi keuntungan yang bisa kamu capai dalam sebulan atau hal lainnya.

Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai business model generation ini, baca di sini.

4. Pertanyaan Terakhir

Bisnis model sudah, traffic generation sudah, bisnis plan sudah. Lalu apa lagi yang harus disiapkan?

MENTAL. Ya mental kamu sebagai pengusaha akan diuji habis-habisan. Sebagai pebisnis pemula, cobalah untuk FOKUS pada 1 model bisnis (apa itu toko online, google adsense, dropship atau lainnya) dan FOKUS pada 1 model traffic generation (facebook ads, adwords, seo, atau yang lainnya).

FOKUS pada 1 hal sampai kamu bisa mendapatkan income minimal bisa 5 juta rupiah atau 10 juta rupiah atau lebih banyak.

Sebagai langkah awal, kejarlah CASHFLOW (uang masuk rutin) harian, mingguan atau bulanan terlebih dahulu. Baru pada hal lainnya.

Mulailah juga dari hal yang kamu suka dan kamu tau. Mengapa? Karena

“Melakukan hal yang kita suka dan mendapatkan income yang besar di sana adalah salah satu hal yang paling indah di dunia.”

(Visited 248 times, 1 visits today)

Leave a Reply