1 Konsep Utama Dalam Membuat Campaign Iklan yang Efektif

Hi guys, pernah gak sih kita lagi buat campaign online digital marketing. baik itu menggunakan traffic channels berbayar atau yang gratis.

Saat itu kita udah merasa nih, wah gw udah maksimalin semua channels deh. Gw udah optimasi mesin pencari gila-gila an, banyak artikel, banyak backlink.

Terus kita juga udah merasa, wah gw udah targeting menggunakan facebook ads dan instagram ads keren banget nih.

Atau mungkin udah ngerasa endorse sana sini.

Tapi ko, salesnya dikit banget yah? tapi kok conversion rate nya gak seberapa yah? terus yang tanya-tanya ke customer service juga sedikit?

Hmm, Kenapa ya bisa jadi kaya gini?

1 Konsep Utama Dalam Membuat Campaign Iklan yang Efektif

Nah, sebenarnya untuk mencari jawabannya, kita harus coba breakdown satu per satu sih.

Pahamin seluruh sales flow atau sales journey nya dari a to z. pahami the business process-nya sedetail mungkin.

Baru nantinya kita bisa ambil kesimpulan atau bisa di tweaking nih mana ya kira-kira bagian yang bermasalah.

Tetapi, kalau kita ambil aja dulu sebagai tahap awal, sebagai konsep awal. Di sini, kita bisa setidaknya membaginya jadiĀ 3 faktor penting untuk membuat campaign yang efektif.

1. Right Offer

Right Offer di sini adalah penawaran yang tepat (berdasarkan riset) kalau memang produk/jasa yang kamu jadikan penawaran ini benar-benar ada pasarnya.

Benar-benar ada yang menginkan hal tersebut. Penawaran yang ciamik, menarik dan lebih oke apabila dibandingkan dengan penawaran competitor misalnya.

2. Right People

Right people di sini, maksudnya bisa jadi adalah orang yang benar-benar akan memaki produk tersebut.

Atau seseorang yang mengambil keputusan pembelian.

Sebagai contoh, ketika berhubungan dengan kesehatan anak dan butuh vitamin otak, sang ibu akan mencari vitamin terbaik. Di sini penentunya adalah sang ibu.

jadi, jangan coba coba tawarkan produk vitamin otak untuk anak kecil misalnya dan targeting iklan ke anak anak itu. Tapi targetkanlah branding dan iklan anda ke ibu mereka (misalnya).

3. Right Time

Right time di sini adalah, sampaikan offer kita ke orang yang tepat pada saat mereka benar-benar membutuhkan dan memiliki budget spending yang cukup utuk membeli offer kita.

ketiga hal di atas harus bekerja bersama-sama alias harus ada tiga-tiganya dalam 1 campaign iklan yang berhasil.

So, udah cek belum ke-3 faktor tersebut di campaign kamu?

Your Friend,
Ubaidillah Mughni

(Visited 36 times, 1 visits today)

Leave a Reply