Cara menghitung zakat mal lengkap dengan perhitungan zakat mal dan cara hitung nya di 2022

Cara Menghitung Zakat Mal

Berzakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan semua pemeluk agama Islam yang mampu. Memberikan zakat kepada orang-orang yang membutuhkan tidak hanya menjadi wujud kepedulian terhadap sesama. Hal tersebut juga bisa menjadi sarana syukur atas kenikmatan yang diperoleh dari Yang Maha Kuasa. Selain zakat fitri, jenis zakat yang paling banyak diamalkan oleh umat muslim adalah zakat mal. Agar zakat yang diberikan adil dan dapat membantu sesama, Anda wajib mengetahui cara menghitung zakat mal yang berlaku. Dengan mengetahui perhitungan zakat mal, Anda akan mengetahui dengan pasti jumlah zakat yang harus dibayarkan kepada panitia penyelenggara zakat. Hal ini juga akan sangat membantu panitia dalam menyalurkan bantuan. Berikut adalah rumus cara hitung zakat mal tahun 2022.

Cara Hitung Zakat Maal

Zakat Mal atau zakat maal merupakan jenis zakat dengan sumber berasal dari harta kekayaan Anda. Bentuk zakat yang ingin Anda sumbangkan mempengaruhi hitungan zakat mal tersebut. Jenis harta yang bisa Anda sumbangkan untuk zakat mal adalah batu mulia emas dan perak, hasil pertanian dan binatang ternak, produk-produk usaha, harta temuan, hingga uang simpanan di bank. Rumus umum dari zakat maal adalah jumlah yang melebihi dari nisab atau batas minimal dari harta seorang muslim. Pembayaran zakat mal ditentukan tiap tahunnya. Berikut adalah cara menghitung zakat mal secara umum: 

“Zakat Maal = 2,5% x Jumlah harta benda yang tersimpan dalam kurun waktu satu tahun”

Sedangkan, untuk menghitung nisab atau batas zakat mal bisa menggunakan rumus:

“Nisab Zakat Mal: 85 x harga emas per gram di pasaran”

Tentunya, masing-masing jenis harta memiliki cara hitungan zakat maal yang berbeda-beda. Agar Anda lebih paham mengenai cara menghitung zakat mal untuk jenis harta yang berbeda berikut ini:

  • Cara Menghitung Nisab Emas

Bagi Anda yang memiliki simpanan emas dan ingin menyalurkannya sebagai zakat mal, tentunya wajib mengetahui cara menghitung zakat mal dan nisabnya dengan tepat. Perlu diketahui bahwa nisab untuk logam mulia ini adalah sebesar 20 dinar. Jika dikonversikan, maka 1 mata uang dinar memiliki nilai yang sama dengan emas seberat 4,25 gram. Apabila batas nisab dari harta emas adalah 20 dinar, maka hal tersebut kurang lebih sama dengan emas seberat 85 gram. Dari jumlah tersebut akan ditarik sebesar 2,5% untuk disumbangkan sebagai zakat maal. 

 

Sebagai contoh, Annisa memiliki tabungan emas seberat 87 gram yang disimpan sebagai bentuk investasi. Ketika masa haul atau saat pembayaran zakat maal tiba, maka Annisa wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari total harta emas yang dimilikinya. Sehingga, Annisa harus membayar emas seberat 2,175 gram atau bisa juga membayar uang dengan harga yang setara dengan emas tersebut.

  • Cara Menghitung Nisab Perak

Cara menghitung zakat mal jenis perak kurang lebih sama seperti cara Anda menghitung nisab emas di atas. Perbedaannya terletak pada jenis nominal yang digunakan. Untuk perak, menggunakan satuan dirham. Nisab untuk logam perak adalah sebesar 200 dirham, sedangkan 1 dirham memiliki jumlah sebesar 595 gram. Saat masa pembayaran zakat mal tiba, maka Anda wajib untuk membayar 2,5% dari total perak yang ada. 

  • Cara Menghitung Nisab Hewan Ternak

Bagi Anda yang memiliki kekayaan dalam bentuk binatang ternak, bisa memberikan beberapa hewan ternak sebagai wujud zakat maal. Cara menghitung zakat mal untuk jenis harta hewan ternak tentunya berbeda dari cara menghitung emas dan perak. Syarat hewan ternak yang bisa dijadikan sebagai zakat mal adalah, hewan tersebut harus digembalakan di padang rumput yang luas dan terbuka. 

 

Di Indonesia, nisab untuk hewan ternak berlaku untuk hewan sapi dan kambing. Untuk hewan sapi, jumlah nisab hewan yang bisa dimiliki adalah 30 ekor. Jika sapi Anda berjumlah lebih dari 30 ekor, maka diwajibkan untuk membayar dalam bentuk pemberian hewan ternak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan, nisab kambing berjumlah 40 ekor.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menghitung zakat mal. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam mengamalkan kewajiban untuk membayar zakat maal. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda.