Cara melunasi hutang dengan cepat yang menumpung dalam 2 hari dan riba di 2022

Cara melunasi hutang

Jika bisa, tentunya Anda ingin hidup bebas dari jeratan hutang. Namun, ada kalanya hal tersebut mustahil dilakukan. Bisa saja Anda terpaksa berhutang karena kebutuhan darurat, seperti untuk biaya pengobatan maupun untuk biaya sekolah anak. Apalagi, di tahun 2022 ini banyak sekali permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan. Namun, ada kalanya juga Anda tenggelam di dalam hutang faktor gaya hidup. Yang manapun itu, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk membayarkan hutang tersebut. Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang? Tentunya, Anda ingin mengetahui cara melunasi hutang dengan cepat. Sehingga, Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan tagihan hutang perbulan. Bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat? Simak ulasan lengkap cara melunasi hutang berikut ini.

  • Memulai Gaya Hidup Hemat

Hutang yang menumpuk memang berpotensi membuat Anda merasa tertekan. Namun, ada cara melunasi hutang yang menumpuk, yaitu dengan memulai gaya hidup yang hemat. Ini artinya, Anda harus lebih teliti dalam memotong pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, jika Anda memiliki kebiasaan untuk berbelanja atau membeli minuman kopi di Starbucks. Mungkin, sekarang adalah saat yang tepat untuk menggantinya dengan kopi buatan sendiri di rumah. Saat berbelanja pun sebaiknya membawa daftar belanja dan menghindari belanja produk-produk yang tidak dibutuhkan. Anda tidak akan percaya bahwa dengan beralih ke gaya hidup hemat bisa menjadi cara melunasi hutang dalam 2 hari.

  • Mengajukan Perpanjangan Tenor 

Bagi Anda yang mengajukan cicilan kredit di bank konvensional, pastinya juga harus melunasi suku bunga yang ditambahkan setiap bulan. Dalam hukum islam, penambahan suku bunga tersebut merupakan riba dan tidak dianjurkan oleh agama. Melunasi hutang riba memang seakan tidak ada hentinya. Namun, bukan berarti tidak ada cara melunasi hutang riba. Jika Anda dalam kondisi terpepet, satu-satunya jalan yang bisa diambil adalah dengan memperpanjang tenor. Tidak cukup di situ saja, Anda juga harus memperkecil biaya cicilan. Dengan cara melunasi hutang ini dapat membantu Anda terlepas dari jebakan hutang riba. 

  • Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara melunasi hutang yang menumpuk, sudah tentu Anda membutuhkan pekerjaan dengan gaji yang cukup. Tidak hanya cukup untuk membeli berbagai barang kebutuhan sehari-hari, Anda juga harus bisa menyisihkan uang gaji tersebut untuk membayar hutang. Apabila gaji yang Anda terima saat ini ternyata tidak mencukupi, maka bisa jadi ini merupakan pertanda untuk mencari pekerjaan sampingan. Dengan adanya pekerjaan sampingan, maka Anda akan mendapatkan penghasilan lebih. Pilihlah pekerjaan sampingan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Namun, jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai Anda jatuh sakit akibat terlalu giat bekerja.

  • Menerapkan Metode Manajemen Hutang

Sudah melakukan cara melunasi hutang di atas namun Anda masih mengalami kesulitan membayar tagihan hutang yang tersisa? Mungkin, Anda membutuhkan tips atau metode manajemen hutang. Untuk menerapkan langkah ini, Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan keuangan atau pihak bank tempat Anda mengajukan pinjaman.Umumnya, bank memang menawarkan layanan konsultasi hutang bagi Anda yang membutuhkan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui tips membayar hutang tanpa mengakibatkan dampak negatif terhada keuangan pribadi Anda.

  • Menghentikan Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan layanan kartu kredit untuk berbelanja memang sangat menyenangkan. Anda bisa berbelanja berbagai produk kesukaan tanpa harus mengorbankan saldo rekening. Namun, di balik kemudahan tersebut bisa saja membuat Anda kewalahan di akhir bulan. Tagihan kredit yang sangat besar bisa membuat Anda kewalahan dalam membayarnya. Terlebih lagi, jika penggunaan kartu kredit tersebut sudah mencapai over limit dan dikenakan denda. Tentunya, hutang yang Anda miliki akan semakin menumpuk. Riwayat kredit Anda juga pasti akan menjadi buruk jika tidak segera dilunasi. 

 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghentikan penggunaan kartu kredit terlebih dulu. Paling tidak, hingga Anda selesai membayar semua hutang kredit yang ada. Setelah terlunasi, Anda bisa menukarkan kartu kredit tersebut dengan jenis kartu kredit lainnya dengan limit yang lebih kecil. Atau, lebih baik lagi jika Anda melakukan penutupan kartu kredit. Dengan demikian, Anda pun akan mulai belajar untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan tak mudah gelap mata.

Demikianlah beberapa cara melunasi hutang yang bisa Anda lakukan. Biarpun tidak mudah, namun langkah-langkah di atas sangat mungkin untuk dilakukan. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda keluar dari jeratan hutang yang menyesakkan.